Apakah ada yang pernah berkomentar, wajah Anda dan pasangan mirip? Jika ada, pasti komentar berlanjut bahwa kalian berjodoh. Benarkah kemiripan sejumlah pasangan terjadi semata-mata lantaran jodoh?

Selama bertahun-tahun, peneliti berusaha membedah fenomena tersebut. Studi terbaru Universitas Michigan menemukan, makin lama hidup bersama, pasangan akan tampak makin mirip satu sama lain. Tak hanya wajah, tapi juga cara bicara, dan perilaku.

Seperti dikutip dari laman Your Tango, psikolog Robert Zajonc meneliti sejumlah pasangan sejak pengantin baru hingga usia pernikahan mencapai 25 tahun. Selama hidup bersama, masing-masing pasangan ternyata saling bermetamorfosis sehingga terlihat mirip satu sama lain.

Setiap pasangan memiliki kecenderungan untuk saling memahami ekspresi wajah satu sama lain. Tanpa sadar, mereka akan hafal dengan ekspresi pasangannya. Perlahan mereka pun akan saling memengaruhi, dan pada akhirnya akan menggunakan ekspresi yang sama dalam interaksi sosial.

Studi pada 2006 juga menemukan bahwa pasangan yang hidup bersama dalam waktu lama tidak hanya membangun ekspresi yang menimbulkan kemiripan, mereka juga membangun temperamen dan emosi yang sama.

Walaupun secara genetika tidak memiliki keterkaitan, banyak pasangan saling berbagi sejumlah hal yang secara alami akan membangun kemiripan di antara mereka.

Sb : http://kosmo.vivanews.com