Bangkit dari Kegagalan

Siapapun anda, pasti tidak ingin mengalami kegagalan. Sebagai mahluk yang memiliki motivasi dan obsesi tentu saja anda akan berusaha keras untuk mengenyahkan kegagalan dan meraih kesuksesan. Namun siapa yang sanggup menolak jika kegagalan masih menghampiri anda ?

Sebagai manusia normal yang tak luput dari kesalahan dan kekurangan, manusiawi jika anda mengalami kegagalan. Memang kegagalan yang terjadi bisa membuat anda stress, terhempas, depresi, bahkan frustasi. Tapi jika anda bermental baja, kekalahan dan kegagalan yang anda alami tidak akan membuat anda ‘down’ apalagi sampai membuat anda frustasi.

Sebagai manusia yang memiliki angan dan harapan, jangan menjadikan kegagalan sebagai alasan untuk berhenti mengejar hari esok yang lebih cerah. Untuk itu anda perlu memiliki rencana dan tujuan yang lebih jelas untuk menghindari atau setidaknya meminimalkan kegagalan. Nah di bawah ini adalah tips singkat untuk mengatasi kegagalan yang anda alami.

* Orang bijak mengatakan, ‘Kegagalan adalah pelajaran yang paling berharga’.
Maka jangan cuma menyesali dan meratapinya, belajarlah dari kegagalan-kegagalan yang anda alami. Pelajari mengapa anda sampai gagal. Sehingga di lain waktu anda bisa lebih hati-hati dalam setiap tindakan. Dan kegagalan yang lalu tidak akan terulang lagi pada diri anda.

* Buatlah rencana dan target yang lebih terperinci untuk mencapai tujuan anda.
Tuliskan rencana dan target ini dalam buku agenda anda. Jangan lupa untuk menetapkan langkah-langkah yang harus anda lakukan. Dengan langkah yang lebih terencana, anda tidak akan kehilangan arah dan mudah mencapai tujuan.

* Motivasilah diri anda sendiri untuk melakukan semua rencana anda dengan seluruh daya dan kemampuan yang anda punya.
Dan rajin-rajinlah mengingatkan diri sendiri untuk melaksanakan langkah yang telah ditetapkan. Jangan sampai langkah-langkah tersebut hanya menjadi sebuah tulisan di buku agenda tanpa praktek yang berarti.

* Kalau perlu buatlah sanksi atau hukuman terhadap diri anda sendiri jika anda lalai atau melakukan langkah-langkah tersebut.
Misalnya dengan mengurangi jatah makan anda atas kelalaian atau berkurangnya semangat anda dalam mencapai tujuan. –

* Carilah ‘magic sentences’ atau kalimat-kalimat ajaib yang dapat melecut semangat anda dalam merealisasikan rencana anda.
Misalnya, “Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin”, “Kesuksesan dapat diraih hanya dengan kerja keras dan pantang menyerah”, dan lain-lain. Tuliskan kalimat-kalimat ini di atas kertas dengan warna-warna terang dan tempelkan di tempat yang mudah terlihat anda, misalnya di cermin atau di meja kerja. Sehingga setiap kali membacanya anda semakin termotivasi untuk melakukan dan mencapai yang terbaik.

* Evaluasi kemajuan anda secara periodik.
Misalnya sebulan atau tiga bulan sekali. Cermati kekurangan anda dalam mewujudkan target dan setiap kali menyadari kekurangan anda, segera koreksi dan perbaiki menjadi lebih baik. Sebaliknya jika anda sudah mencapai kemajuan jadikan hal itu semangat untuk terus mencapai yang terbaik.

* Jangan pernah mengeluh.
Orang-orang yang sukses dalam hidupnya adalah orang-orang yang tidak suka berkeluh kesah dan pantang menyerah. Memang, bisa dimaklumi jika suatu waktu anda mengalami perasaan lelah, kecewa, sedih dan tak bersemangat. Namun jangan sampai perasaan sentimentil tersebut menghalangi niat anda dalam mencapai tujuan yang telah anda tetapkan.

Kesimpulannya, jangan sekalipun anda menyerah oleh kegagalan. Jika anda dapat meraih kesuksesan karena belajar dari kegagalan, hasilnya akan terasa lebih manis dan menyenangkan. Tetapi, ingat dari semua hal tersebut ada satu yang tak boleh anda lupakan yaitu do’a. Karena doa dapat mengaliri harapan dan kekuatan pada diri manusia dalam menggapai sukses. Selamat berusaha dan berdoa…!